Kumpulan Tips Dan Trik Gratis, Download Software Gratis, Dan Download Film Terbaru Gratis

Jumat, 02 Agustus 2013

Kupas Tuntas Tentang Lampu LED



Lampu sudah menjadi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Lampu pertama kali ditemukan pada tahun 1879 oleh Thomas Alva Edison seorang penemu dari amerika. Sekarang lampu sudah banyak jenis dan fungsinya. Tetapi dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu lampu led, dan apa fungsinya serta kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu simak dibawah ini.

Apa itu Lampu LED?

LED merupakan singkatan dari Ligth-Emitting Diode dapat kita definisikan sebagai suatu komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor dan dapat memancarkan cahaya apabila arus listrik melewatinya. Lampu LED biasanya mempunyai dua kaki atau kutub Anode dan Katode, LED lebih efektif dan efisien daripada lampu biasa pada umumnya. Dalam sebuah rangkaian elekronika LED disimbolkan dengan huruf D, sama seperti Diode.
LED yang telah dikembangkan sejak akhir tahun 1950 dalam bentuk semikonduktor paduan p-n (p-n junction) yang dapat mengemisikan photon atau cahaya jika diterapkan dengan tegangan yang sesuai pada sambungan tadi. Beberapa jenis material p dan n dapat mengemisikan cahaya terlihat (visible light) dengan intensitas beragam dan pengembangan mutakhir mencapai tingkat efisiensi.

Fungsi Lampu LED

Lampu LED adalah sejenis lampu yang sering ada dalam kehidupan kita. LED dulu umumnya digunakan untuk gadget seperti ponsel atau PDA serta komputer. Dan sekarang LED sudah berkembang dan sering ditemukan dan bahkan bisa kita temukan pada korek api yang kita gunakan, lampu emergency dan sebagainya. Led sebagai model lampu masa depan dianggap dapat menekan pemanasan global karena efisiensinya.

Kelebihan Lampu LED

- LED mempunyai waktu penggunaan yang lebih lama hingga mencapai 100 ribu jam.
- LED mempunyai efisiensi energi yang lebih tinggi dibandingkan lampu lainnya, dimana LED lebih hemat  energi 80 persen hingga 90 persen dibandingkan lampu lain.
- Cahaya yang keluaran dari LED bersifat dingin (tidak ada sinar UV atau energy panas).
- Ukurannya yang kecil dan praktis
- LED memiliki tegangan DC yang rendah.

Kekurangan Lampu LED

- Harga LED lebih mahal dibandingkan lampu lain.
- Suhu lingkungan yang lebih tinggi akan menyebabkan gangguan elektrik pada LED.
- Cara penerangan biasa dengan lampu pijar maupun neon dibandingkan menggunakan lampu LED.
Artikel by Erwin Petas, follow my twitter @doublepetas




Previous
Next Post »

2 ulasan

Kang Yono delete 3 Oktober 2013 09.13

Keren bang infonya, tapi sekarang seiring dengan kemajuan teknologi, lampu led sudah diaplikasikan sebagai lampu penerangan layaknya lampu pijar dan lampu neon lho..ditunggu kunjungan baliknya bang..
www.catatankangyono.blogspot.com

Anang Wahyudi delete 3 Oktober 2013 10.45

Iya gan , memang lampu LED sekarang sudah berkembang ,
Terimakasih kunjunganya :)

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungan anda di blog kecil saya

> DILARANG SARA , RASIS , SPAM DAN SEJENISNYA
> DILARANG MENYANTUMKAN LINK HIDUP DI KOMENTAR